RajaKomen

Seram! Bumi Bisa Jadi Planet ‘Neraka’ Seperti Venus

26 Des 2021  |  725x | Ditulis oleh : Kak Edi
Seram! Bumi Bisa Jadi Planet ‘Neraka’ Seperti Venus

Venus disebut-sebut sebagai planet yang ramah bagi kehidupan karena menyimpan cadangan air. Dulu, Venus memang planet yang memiliki permukaan berbatu dan inti cair.

Namun, perubahan iklim ekstrem telah mengubah planet tersebut menjadi ‘neraka’. Venus menjadi panas yang diperparah dengan atmosfernya yang dipenuhi gas.

Cadangan air yang dimiliki planet kini kemudian menguap melalui atmosfer, dan hilang begitu saja ditelan luar angkasa yang penuh dengan kegelapan.

Bagaimanapun caranya, siklus di planet ini sudah rusak. Tidak ada satu pun, bahkan robot atau perangkat sejenisnya yang mampu bertahan hidup di planet ini.

Lantas, apakah Bumi yang saat ini kita tinggali bisa berubah seperti Venus?

Bumi memang saat ini tengah mengalami perubahan iklim secara ekstrem. Namun, para ahli menilai perubahan iklim akibat ulah manusia tidak akan pernah membuat Bumi seperti Venus.

“Perubahan iklim yang diakibatkan oleh manusia tidak akan pernah seburuk itu,” kata Giada Arney, Ilmuwan planet NASA Goddard Space Flight Center, dikutip melalui The Post, Minggu (25/12/2021).

Selama 4,6 miliar tahun terakhir, Bumi telah menjaga keseimbangan iklimnya melalui proses yang dikenal sebagai siklus karbon. Sebagian karbon atmosfer diambil oleh lautan, dan dikunci menjadi batuan dalam bentuk kalsium karbonat atau batu kapur.

Pergerakan lempeng tektonik menarik batuan itu ke bagian dalam Bumi, tempat karbon dapat disimpan selama ribuan tahun sebelum dilepaskan kembali ke atmosfer oleh gunung berapi.

Siklus karbon menjadi termostat Bumi, karena menjaga suhu agar tidak berayun terlalu jauh ke arah yang ekstrem. Ketika gunung berapi sangat aktif, karbon menumpuk di atmosfer, memerangkap panas seperti yang terjadi pada efek rumah kaca.

Namun, kenaikan suhu dapat menyebabkan lebih banyak hujan yang mengikis batuan, yang melepaskan bahan untuk membuat kalsium karbonat dan mengunci karbon dalam bentuk kulit kerang, batu kapur dan batuan lainnya serta mendinginkannya kembali.

Para ilmuwan menduga, Venus pernah memiliki termostat sendiri. Pesawat ruang angkasa yang dikirim untuk menyelidiki atmosfer planet kembaran Bumi itu menemukan sisa-sisa molekul air.

Ini bukti bahwa pada satu titik, planet ini mampu menjaga suhunya tetap terkendali. Namun ketika planet menjadi terlalu panas, air menguap dan membentuk awan di atmosfer yang memantulkan sinar Matahari kembali ke angkasa. Jika planet ini memiliki lempeng tektonik, seperti yang diperkirakan beberapa peneliti, sistem itu akan membantu memodulasi karbon.

Kini, Venus disebut menjadi contoh efek rumah kaca yang tak terkendali, sebuah bukti bagaimana sebuah planet dapat berubah ketika siklus yang menyeimbangkan iklimnya terputus.

Suhu di permukaannya lebih dari 450 derajat Celcius. Tekanan yang menghancurkan dari atmosfer yang tebal dengan awan asam sulfat sama kuatnya dengan yang kita alami jika berada di setengah mil di bawah lautan di Bumi.

Jika itu tidak cukup belum cukup membunuh kalian, gambaran lainnya adalah jika kita menghirup udara yang terdiri dari 96% karbon dioksida.

“Pencerahan bertahap Matahari yang mengubah Venus menjadi sangat panas, suatu hari bisa terjadi juga pada Bumi, setidaknya dalam kurun waktu beberapa miliar tahun lagi,” kata Arney.

Para ilmuwan tidak melihat Bumi akan menjadi seperti Venus dalam waktu dekat. Namun, suka tidak suka perubahan iklim memang telah menjadi sorotan dalam satu dekade terakhir.

“Sistem planet dijaga dalam keseimbangan yang sangat baik. Penting bagi manusia untuk menyadari bahwa tidak perlu banyak hal untuk mengubah keseimbangan dan benar-benar mengubah banyak hal secara mendasar,” kata Paul Byrne, Ilmuwan Planet North Carolina State University.(dbs)

(hajinews)

Berita Terkait
Baca Juga:
Jadi Menteri Hingga Ketua DPR, Puan Jadi Calon Kuat dari PDIP di Pilpres 2024

Jadi Menteri Hingga Ketua DPR, Puan Jadi Calon Kuat dari PDIP di Pilpres 2024

Nasional      

24 Mei 2021 | 806 Kak Edi


Nama Puan Maharani menjadi calon kuat dari partai pimpinan Megawati yaitu PDIP, pengalamannya sebagai Menteri dan Ketua DPR tentu sudah cukup membuat Puan Maju di Pilpres 2024. Sebagai anak ...

Cat Eksterior Avian Bagus dan Tahan Lama Menjadi Pilihan paling Tepat

Cat Eksterior Avian Bagus dan Tahan Lama Menjadi Pilihan paling Tepat

Tips      

15 Okt 2022 | 491 Kak Edi


Rumah adalah tempat beristirahat dari rasa lelah dan penat, sehingga pemilihan cat menjadi salah satu aspek yang penting dan harus diperhatikan. Supaya pada saat kita berada dirumah ...

Catat! PPKM Diperpanjang 7-13 September 2021

Catat! PPKM Diperpanjang 7-13 September 2021

Nasional      

6 Sep 2021 | 1516 Kak Edi


Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Jawa dan Bali kembali diperpanjang hingga 13 September 2021. Keputusan tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang ...

Sehat Setiap Hari Dengan Minum Air Putih yang Cukup

Sehat Setiap Hari Dengan Minum Air Putih yang Cukup

Kesehatan      

12 Jun 2020 | 1908 Kak Edi


Air adalah sumber kehidupan, air juga adalah salah satu komponen penting dalam kehidupan sehari-hari. Air salah satu kandungan alami dari alam yang tidak memiliki satu efek samping yang ...

Fakta Buah Sirsak untuk Mencegah Kanker

Fakta Buah Sirsak untuk Mencegah Kanker

Herbal      

26 Maret 2022 | 1087 Kak Edi


Manfaat buah sisrsak bagi kesehatan sangatlah beragam. Namun salah satu manfaat sirsak yang cukup popular adalah untuk mendegah penyakit kanker. Benarkan sirsak bisa mencegah kanker? Yuk ...

Ini Makanan yang dapat Membuat Hidup Bahagia,  Good Food is Good Mood

Ini Makanan yang dapat Membuat Hidup Bahagia, Good Food is Good Mood

Kesehatan      

16 Des 2021 | 647 Kak Edi


Penceramah sekaligus praktisi pengobatan sunah Indonesia, dr Zaidul Akbar menyampaikan beberapa jenis makanan yang dapat menjadikan hidup ...